PREGNANCY

Program Hamil

Hi Guys!!

Seperti yang gue udah ceritain di postingan gue sebelumnya, gue akan jabarin soal promil yang gue lakuin dalam 1 post, biar kalia enak bacanya. Tapi sebelum gue cerita, perlu gue tekankan kalau gue bukan orang medis, semua yang gue ceritakan hanya berdasarkan pengalaman gue semata. Oiya, postingan ini bakal panjang banget, so, siapin cemilan, and enjoy.

1. Kenali Masa Subur

Hal pertama yang kalian harus kalian lakukan sebelum mulai promil adalah tau siklus mentruasi kalian. Kalian harus tau, kalian tuh siklus menstruasinya berapa lama dan kapan masa subur kalian. Karena percuma ya buibu kalo have sex diluar masa subur ya kemungkinan buat hamil nya bakal kecil banget. Kalo niatnya bikin anak, wajib berhubungan di masa subur. Berhubungan diluar masa subur juga boleh, tapi itungannya itu buat seneng-seneng dan mempererat hubungan dengan suami, bukan bikin bayi.

Untungnya kita hidup di zaman teknologi udah maju, banyak banget app untuk catat/prediksi masa subur di app/play store. Ada Ovia, Flo, Femometer, Priod Tracker, dan lain-lain, kalian tinggal pilih lebih ngerasa nyaman dan cocok sama aplikasi yang mana. Gue pribadi pakai aplikasi namanya Maya by Plackal Tech. Gue pake maya sejak 2014, udah lama banget. Awal mula pakai aplikasi pencatat menstruasi karena gue ga pernah ngeh kapan gue harusnya dapet, dan ga pernah bawa pembalut kemana-mana. Dari zaman kuliah, temen-temen gue tanggal dapetnya selalu maju, sedangkan gue selalu mundur. Pas udah gue pakai gue baru tau kalau siklus gue tuh 35 hari, sedangkan kebanyakan cewe tu 28 hari. Siklus menstruasi itu rata-rata 21-40 hari dan reguler setiap bulan segitu panjangnya (plus minus 1-2 hari).

Tampilan Maya

Cara pakainya gampang banget, pas awal setting biasanya lo disuruh masukin tanggal terakhir menstruasi, lamanya lo mesntruasi sampai bersih, dan panjangnya siklus lo (jumlah hari dari hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya). Nah, nanti setiap bulan lo menstruasi, lo cukup long tap di tanggal lo menstruasi dan tandain hari itu hari pertama mensruasi lo gue kasih liat contoh record gue di Maya bulan Juni 2020 ya.

Tanggalan yang di blok warna PINK (contoh 5-10 Juni) itu adalah tanggal dimana kita Menstruasi.

Lingkaran BIRU, itu adalah SAFE DATE yang berarti sangat kecil kemungkinan untuk hamil jika kalian berhubungan di tanggal biru ini. Nah yang lagi menunda kehamilan dan males pake KB, kalian bebas lah berhubungan di tanggal ini.

Lingkaran KUNING berarti UNSAFE DATE yang berarti deket masa subur. Karena badan kita ini dipengaruhi hormon yang ga bisa kita kendalikan, jadi bisa aja masa subur kita maju mundur 1-2 hari. So, di tanggal kuning-kuning ini, buat yang niat promil, mulailah berhubungan 2 hari sekali, dan buat yg nunda hamil, monggo siapin kondomnya.

Lingkaran HIJAU adalah FERTILE DATE alias MASA SUBUR. Di tanggal inilah kita para #pejuanggaris2 wajib berhubungan buat bikin bayi. Gue pribadi selalu usaha dapet 2x berhubungan di tanggal hijau ini, untuk memperbesar peluang aja sih. Dan rutin berhubungan 2 hari sekali ini lanjut sampai kelar tanggal kuning after masa subur. Abis itu terserah deh.

2. Periksakan Kesehatan Reproduksi

Jangan takut untuk ke dokter. Guys, ke dokter itu penting banget, terutama buat kita para wanita. 6 bulan sebelum nikah, gue pergi ke dokter kandungan buat USG rahim. Just in case ada sesuatu yang butuh diperbaiki, better dibenerin sebelum nikah kan, jadi pas udah nikah bisa langsung tancap gas bikin bayi. Gue periksa di RS Hermina Bekasi ke dr Regina (sebelum nikah sengaja pilih dokter cewe dulu). Pengalaman gue sebagai unmarried woman ke dokter kandungan ga buruk sih. Pas sampe di ruang tunggu di tensi & timbang, ditanya ada keluhan apa, gue cuma bilang mau cek pranikah. Pas di ruang dokter gue ngobrol sebentar sama dokter, lanjut USG perut. Hasil USG, rahim gue dinyatakan bersih, ga ada polip atau benjolan apapun, ukuran dan bentuknya normal, ovarium juga dibilang OK ga ada aneh-aneh. Semua normal. Alhamdulillah. Abis itu gue minta rujukan untuk test lab pranikah, juga diresepin vitamin Folamil Genio buat promil nanti.

3. Cek Lab

Dokter Regina kasih lumayan banyak rujukan test lab. Tapi gue cuma test darah lengkap, test Toxo & Rubella. Kenapa milih test Toxo & Rubella? 1. gue piara kucing dan hobi banget makan makanan ga mateng macem sushi, salad, dll. 2. Rubella, kalo sampe pas hamil gue kena, amit amit, bahaya baaanget ke janin. Just in case saat diperiksa gue sedang terinfeksi Toxo/Rubella, bisa minum obat dulu sebelum promil. Hasil lab semuanya OK. Test darah semua normal. Hasil test Toxo & Rubella IGg (test antibodi), badan gue udah punya antibodi untuk toxo & rubella. Dan hasil test Toxo IgM (kondisi saat ini) gue negatif (means gue lagi ga terinfeksi toxo, aman buat hamil). Test ini akan di ulang saat hamil.

Buat yang piara kucing, gue tau banget rasanya di omongin “jangan deket-deket kucing, nanti mandul/susah punya anak”. Trust me guys, TOXO GA BIKIN LO MANDUL. Banyak hal lain yang bisa membuat kita butuh usaha lebih untuk punya anak, sesimple unbalance hormon misalnya. Dan percayalah, INFERTILITY BUKAN HANYA ADA PADA PEREMPUAN. Meski kita yang lebih sering disalahin. 40-50% case infertility ada di pihak laki-laki. Sayangnya mereka lebih susah diminta buat cek, padahal test nya semudah analisa sperma, kita yang cewe-cewe sampe diobok-obok dalemnya lho.

4. Konsumsi Suplemen

Dari sebelum hamil gue udah konsumsi folavit karena tau kalau folic acid sangat penting di masa awal kehamilan, makanya sebaiknya cewe-cewe yang mau nikah kosumsi folic acid just in case abis nikah langsung hamil, udah siap badan kitanya.

Buat yang ga tau, gue sama suami gue LDM. Nah dari akhir November sampai lebaran 2020 gue LDM tuh sama suami, bahkan harusnya sampe Juli, cuma karena covid-19, akhirnya suami pulang cepet. Gue sih seneng-seneng aja. Jadilah gue sama suami sepakat buat langsung promil mumpung gue pun WFH, jadi kan lebih banyak waktu di rumah bareng-bareng dan ga terlalu cape. Dan waktu itu kita coba pake Fertilaid sepaket. Udah gue ceritain di postingan yang trying to concieve ya, silakan dibaca di sana. Nah karena ga berhasil, gue sama suami mutusin untuk ganti. Fertilaid mahal banget siiis, sepaket suami istri 2juta lebih. Ga sanggup banget belinya ditengah pandemi gini kan.

Nah pas suami browsing-browsing, nemulah vitamin namanya Oligocare (untuk suami) & Ovacare (untuk istri), katanya sih reviewnya bagus, banyak yang berhasil. Sepaket buat cowo-cewe tuh sekitar 400rb-an. Dan akhirnya kita beli 2 paket buat jaga-jaga.

Ovacare & Oligocare minimum 2x sehari, 15 hari sebelum masa subur. Jadi kalau kalian yang siklus menstruasinya 21-30hari, kalian (suami-istri) minum Ovacare & Oligocare di hari pertama menstruasi ya. Kalo gue, karena 35 hari siklusnya, gue baru minum pas selesai menstruasi. Itulah pentingnya tau masa subur guys, biar gampang ngitung harinya. Jangan lupa, kalian wajib patuhi pantangan dan aturan yang ada di petunjuknya 2 suplemen ini. Salah satunya adalah ga ngopi. Suami gue tahan-tahan diri banget tuh ga ngopi 2 minggu.

Selain minum Ovacare & Oligocare, gue dan suami juga konsumsi madu pasutri, ada 1 madu yang gue rasa cocok banget kita minum, kalian bisa beli di sini, ini ga di endorse ya guys, gue emang biasa beli madu di toko itu, dan follow orangnya juga di IG karena mba Betty sering bari resep masakan & JSR-an. Gue sempet nyoba beberapa madu kesuburan yang dijual di ecommerce, tapi kurang cocok dan ga enak di tenggorokan. Minum madu nya 2×2 sendok makan dicampur air putih. Boleh juga dikasih chia seed kalo punya. Gue biasa minum pagi sebelum konsumsi apapun, terus malem sebelum tidur.

Selain itu, pagi setelah sarapan gue juga konsumsi Minyak Zaitun, suami konsumsi Habbatusauda, dan setelah makan siang minum Vitamin C plus Ovacare/Oligocare, kalian bisa beli di sini. Malam minum Ovacare/Oligocare plus madu sebelum tidur. Alhamdulillah 1x coba Ovacare & Oligocare udah dapet berkah garis dua.

Oiya 1 lagi, ini bukan termasuk suplemen sih, cuma selama gue usaha berdua suami, kita pakai bantuan pelumas khusus untuk membantu pembuahan terjadi. Ada banyak sperm friendly lubricant di pasaran, harganya tentu jauh diatas lubricant pada umumnya ya. Kalian ga bisa pakai lubricant sembarangan. Kalian bisa google lebih lanjut soal sperm friendly lubricant ini ya. Naah yang paling terkenal adalah Pre-Seed, Concieve Plus, Yes Baby, BabyDance, dll. Gue pribadi pakai Concieve Plus, yang banyak dijual di ecommerce tuh pre-seed & concieve plus, kalian bisa baca-baca dulu aja review nya sebelum beli.

5. Posisi Menentukan Prestasi

Gue saking pengen berhasilnya sampe cari tau “posisi/gaya terbaik” biar cepat hamil. Sampai gue nemu youtube video Best Positions To Get Pregnant Fast and Easy | Expert Tips by Dr. Marc Sklar – FertilityTV https://www.youtube.com/watch?v=2CwAAxpuw2g&list=LL&index=219 di video ini beliau menjelaskan posisi terbaik untuk masing-masing posisi rahim. Karena untungnya gue udah pernah ke dokter kandungan sebelumnya (inilah gunanya ke dokter guys), gue jadi tau posisi rahim gue tu normal (ga terlalu kebelakang, dan juga ga terlalu depan), dengan bentuk yang normal juga. So basically, gue bisa coba gaya apapun. Tapi buat kalian yang posisi rahimnya agak depan atau agak belakang, bisa dicoba posisi-posisi tertentu supaya sperm lebih gampang berenang dan ketemu sel telur.

6. Stop Kebiasaan Buruk

Last but not least. Bahkan salah satu yang PALING PENTING. Stop kebiasaan buruk. Buat yang masih ngerokok, mau kalian cewe atau cowo, please berhenti. Rokok bukan hanya buruk buat kesehatan paru-paru kalian, tapi juga kesehatan reproduksi kalian. Stop konsumsi alkohol kalau kalian mau mulai promil. Kurangi konsumsi caffein dalam satu hari. Sesuatu yang berlebihan ga baik guys.

Selain itu, perhatiin jam tidur kalian. Jangan tidur terlalu malam baik untuk suami maupun istri ya guys. Kurangnya waktu tidur bagi wanita bisa menyebabkan gangguan hormon pada wanita, sedangkan pada pria bisa menyebabkan buruknya kualitas sperma yang dihasilkan. Jujur agak sulit nih bikin suami gue buat tidur ontime, karena doi hobi banget nonton and maen game malem-malem sebelum tidur. Tapi ya namanya usah, di lakuin aja.

OK segitu aja postingan tentang promil yang gue jalanin. Semoga bisa membantu temen-temen semua yang sedang berjuang untuk dapet garis 2. Kalau ada yang mau ditanyakan jangan segan untuk komen di bawah ya. See you on my next post.

2 thoughts on “Program Hamil

Leave a comment